Selasa, 24 November 2015

Pengaruh Konvergensi Media Bagi Mahasiswa

kali ini saya akan sedikit membahas tentang dampak konvergensi media bagi kaum remaja atau mahasiswa, sebelum mengenal lebih jauh tentang pengaruh konvergensi media tentu kalian belum banyak tahu kan tentang"konvergensi media". kata teman saya makanan apa itu konvergensi media, haha.. Tentu saja bukan makanan atau barang loh kawan melainkan sebuah perpaduan antara media tradisional dengan media baru atau internet dengan penggabungan teknologi yang sangat canggih sehingga menghasilkan sesuatu yang mudah dan instan untuk para penikmat media.
Nah, udah tau kan konvergensi media itu apa,, oke kita lanjut ke pembahasan berikutnya tentang pengaruh terhadap mahasiswa. Untuk pengaruhnya ini saya bedakan kedalam dua sisi negatif dan positif.
Sisi positifnya yaitu mahasiswa lebih mudah untuk belajar dimanapun mereka berada dengan memanfaatkan jaringan internet yang ada pada Hp android atau i-phone, hal ini sangat menguntungkan mahasiswa pas lagi ujian atau kuis," bener kan??" haha mahasiswa - mahasiswa .. kemudian konvergensi media ini membuat mahasiswa lebih interaktif lagi di dunia maya karena terjadinya komunikasi yang relatif cepat dengan jaringan internet tanpa batas. Dengan demikian mahasiswa dapat memperoleh informasi dengan cepat adri berbagai daerah bahkan diseluruh dunia.
Kemudian sisi negatifnya nih guys, mahasiswa sekarang nih cenderung berubah gaya hidupnya menjadi mahasiswa yang serba praktis dan otomatis semua bergantung pada teknologi yang ada di Hp androidnya sehingga hal ini menimbulkan rasa malas bagi mahasiswa. Yang lebih parah lagi nih guys, mahasiswa yang lagi kasmaran,, "hmm pas banget nih guys buat loh" hidupnya ketergantungan banget sama Hp. Mulai bangun tidur yang dicek pertama kali pasti Hp, pas lagi kuliah yang dimainin Hp,kasian dosen loh guys udah capek-capek ngomong tapi lo cuekin, bahkan ada juga nih yang ke kamar mandi juga bawa Hp, kata temen gue nih pada pas di kamar mandi jaringannya semakin bagus, entah itu benar atau nggak gue juga belum pernah nyoba. Tapi gue bener-bener miris dengan mahasiswa sekarang yang hidupnya hanya sebatas layar kaca android aja, mana mahasiswa yang dulu kritis dan aktif yang sering turun ke jalan, yang ada sekarang pada perang meme di dunia maya. Mau jadi apa bangsa ini kalau generasi mudanya dirusak oleh teknologi..
Yah semoga saja setelah membaca kutipan saya kalian bisa sadar guys bahwa hidup kalian tidak selebar layar Hp, masih banyak yang harus kalian lakukan untuk bangsa ini..

Ayo budayakan membaca Guys, Letakkan dulu dunia maya kalian ..
Tunggu post selanjutnya ya ....

2 komentar: